Saturday, October 3, 2009

Beras merah (brown rice) beda dengan rosematta rice (srilangka)

Kemaren pas belanja.
Aku beli beras trus keliatan seperti beras merah lalu aku pilih kantongan yg 2 kg aku kira itu beras merah yang aku tahu di Indonesia karena si Ayman ma Aksa biasa makan itu waktu bayi. Ternyata beda dan rasanya agak aneh. kalo dimasak agak keras dan kembang bangeet terus baunya 'khas". kayaknya cuman enak dibuat nasi gorong.

Kerala matta biasa juga disebut rosematta rice atau Palakkadan matta rice atau Kerala red rice atau red parboiled rice. Beras ini berbeda dengan beras merah. Populer di Kerala, India dan Srilangka.

Bagaimana cara memasaknya

Cuci beras redmatta tersebut di sebuah tempat atau baskom dengan air bersih setelah itu buang airnya. Kemudian rebus seperti memasak beras biasa tapi dengan air yang lebih banyak saya memakai perbandingan 1:4(1 bagian beras dengan 4 bagian air). Kemudian dimasak selama 1/2 atau 1 jam. Akan lebih enak kalo dipaki unutk membuat nasi goreng

No comments: